Kuliah Umum Public Speaking for EFL Students
Artikel berita - Kategori Kegiatan | Diposting pada : 2014-11-15 -|- 11:17:am
Share this article on

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat, Sabtu, 1 November 2014 yang lalu telah melaksanakan kuliah umum dengan tema Public Speaking for EFL Students yang diselenggarakan di Aula Gedung B Kampus STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembicara pada kuliah umum ini adalah seorang warga negara berkebangsaan Amerika Serikat, bernama Jennifer Zirbes, B.A., M.A. Ia bertugas sebagai perwakila RELO (Regional English Language Office) yang berada di bawah naungan kedutaan besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang berlokasi di Jakarta.  


 


Acara kuliah umum ini dihadiri oleh dosen yang bertugas di program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Acara ini dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Wakil Ketua I STKIP PGRI Sumatera Barat untuk urusan akademik yaitu Drs. Nurhadi, M.Si. Pimpinan dan undangan dari lingkungan kampus yang hadir antara lain ketua prodi fisika, Dra. Hj. Husna, M.Si., ketua prodi informasi dan teknologi, Ir.Hj.Nurmi, M.Kom., dan perwakilan dari prodi Matematika, Zulfanetti, M.Si.


 


Sasaran utama diselenggarakannya acara kuliah umum ini, menurut ketua prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Armilia Riza, S.Pd., M.Pd., adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Public Speaking di program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Materi yang disampaikan oleh Jennifer Zirbes, B.A., M.A. berkaitan dengan hal-hal penting yang berkaitan dengan teknis dan unsur utama yang harus ada dan dilakukan ketika seseorang berbicara di depan umum dengan menggunakan Bahasa Inggris. Oleh karena Bahasa Inggris adalah bahasa milik penutur yang berasal dari Amerika Serikat, Britania Raya, Australia, dan beberapa negara maju lainnya di dunia, yang berada dalam kawasan benua Eropa dan Asia, maka ada hal-hal yang bersifat kultural yang wajib diketahui oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris.


 


Menurut ketua panitia, Syayid Sandi Sukandi, S.S., M.A., acara kuliah umum ini sangat bernilai penting dan memiliki daya guna yang positif baik bagi mahasiswa maupun bagi undangan yang hadir. Mereka bisa memahami bahwa ada seni di dalam berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum sangat jauh berbeda dari berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Ada hal-hal yang diwajibkan, diharuskan, atau dianjurkan di budaya Minangkabau, atau di budaya Indonesia pada umumnya perihal etika berbicara di depan umum, belum tentu hal-hal tersebut berlaku juga atau diterima oleh budaya yang ada di negara lain. Sebagai contoh, penutur Amerika Serikat cenderung menggunakan bahasa yang transparan di dalam menyampaikan pendapatnya di depan umum, sementara di budaya Minangkabau, bahasa berterusterang ini seringkali dinilai negatif karena berbenturan dengan kultur menghargai sesame berdasarkan usia dan status sosial. Di Minangkabau, bahasa kultural-pragmatis seringkali digunakan untuk menjaga keharmonisan, meskipun seringkali berakhir ke multi-makna. Di Amerika Serikat, usia dan status sosial bukan tolak ukur, namun sebuah kewajaran. Setiap orang dinilai dalam konsep equity di Amerika Serikat.


 


Dari perbedaan di atas, tentu akan menciptakan gap tersendiri antara budaya Minangkabau, atau lebih luas lagi budaya Indonesia, dengan budaya asing. Agar mahasiswa bisa fleksibel dalam berkomunikasi secara global dengan menggunakan bahasa Inggris, wajib bagi mereka untuk tahu  perbedaan yang dimiliki bangsa penutur bahasa Inggris. Di titik ini diharapkan ke depannya, guru bahasa Inggris lebih bisa lagi menghargai perbedaan secara positif dan berparadigma global untuk kemajuan pendidikan di Indonesia – tidak hanya sekedar belajar bahasa Inggris saja.      





Download Surat BAAK
Download
Blueprint Pengembangan ICT

>> Download
Buku Panduan Kemahasiswaan

>> Download
Buku Pedoman Akademik 2015\2016

>> Download
Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru 2016/2017

>> Download
Berita Kemahasiswaan

STKIP PGRI SUMBAR KAMPANYE ?DISKUSI MUSIKAL STOP KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN?

2014-11-07 - 04:21:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh Pepe

Humas STKIP PGRI Sumbar; Aksi kekerasan seksual pada anak dan remaja yang marak akhir-akhi.....Baca Selanjutnya

Berita Kegiatan

Pengumuman Pemuncak Akademik Prodi STKIP PGRI Sumbar Semester Genap 2013/2014

2014-11-24 - 05:11:pm | Kategori Kegiatan | oleh Pepe

SURAT KEPUTUSAN
KETUA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PGRI SUMATERA BARAT

<.....Baca Selanjutnya

Kuliah Umum Public Speaking for EFL Students

2014-11-15 - 11:17:am | Kategori Kegiatan | oleh Pepe

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat, Sabtu, 1 November 2014 yang lalu telah me.....Baca Selanjutnya

Berita Akademik

PENERIMAAN DOSEN DAN PEGAWAI TETAP YAYASAN STKIP PGRI SUMATERA BARAT TAHUN 2014

2014-12-06 - 08:48:am | Kategori Akademik | oleh Pepe

 

 

 

Baca Selanjutnya

Sarana Penunjang STKIP PGRI Sumbar

2014-11-07 - 11:38:am | Kategori Akademik | oleh Pepe

 

SARANA PENUNJANG

  1. A.    PerpustakaanBaca Selanjutnya
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat
Jl. Gunung Pangilun - Padang, Sumbar
Telp: (0751) 7053731 -Fax (0751) 7053826
TIM ICT 2015