Unit Kegiatan Mahasiswa
Share this article on :

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu organisasi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di tingkat STKIP PGRI Sumbar dan berada dibawah naungan BEM. UKM bertanggung jawab kepada BEM dan Ketua BEM melaporkan ke Wakil ketua Bidang Kemahasiswaan.

 Tugas dan Wewenang

  • Melaksanakan Ketetapan DLM dan BEM
  • Mengembangkan dan meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan kegiatan penalaran dan keilmuan minat dan kegemaran.
  • Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan sesuai dengan bidang kegiatan masing-masing.
  • Melaporkan dan mertangungjawabkan kegiatan kepada BEM dan Wakil Ketua III
  • Menyelenggarakan musyawarah anggota.

 Pembagian UKM menurut Jenisnya adalah

1)    UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK)

UKM LDK adalah salah satu wadah kegiatan mahasiswa dalam meningkatkan pengrtahuan dan ketaqwaan mahasiswa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam bentuk kegiatan-kegiatan keagamaan.

Tujuan

  • Membina para mahasiswa menjadi manusia yang mempunyai ilmu dan mengamalkan ajaran agama dengan sungguh-sungguh sehingga terbentuk manusia Indonesia seutuhnya.
  • Menumbuhkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi masyarakat kampus umumnya dan mahasiswa khususnya.
  • Menciptakan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan umum dan agama yang lebih mendalam

Keanggotaan

Seluruh mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat berhak menjadi anggota dan mengikuti kegiatan LDK. Mahasiswa dapat mendaftarkan diri setiap saat sebagai anggota. Disamping itu, diselenggarakan kegiatan pendidikan tertentu yang dibuka untuk umum , bukan untuk anggota saja

2)    UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI)

UKM KSR PMI adalah keatuan mahasiswa atau unit dalam perhimpunan PMI yang beranggotakan pribadi-pribadi anggota biasa perhimpunan PMI yang menyatakan diri  menjadi Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI)

Tujuan

  • Meningkatkan keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kemampuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, berbudi pekerti yang luhur serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  • Menyiapkan anggota menjadi kader palang merah Indonesia
  • Ikut berperan secara aktif pada kegiatan kepalangmerahan didalam dan diluar perguruan tinggi.

Keanggotaan

Seluruh mahasiswa STKIP PGRI berhak menjadi anggota dan mengikuti kegiatan KSR PMI. Pengurus adalah anggota yang lulus seleksi dan terdaftar pada KSR PMI. Mahasiswa dapat mendaftarkan diri setiap saat sebagai anggota. Disamping itu, diselenggarakan kegiatan pendidikan tertentu yang dibuka untuk umum, bukan untuk anggota saja.

3)    UKM Pramuka Racana Pagaruyung (Pramuka)

UKM Pramuka adalah UKM yang menampung, menyalurkan dan memberikan pengalaman pendidikan pramuka kepada mahasiswa STKIP PGRI Sumbar dalam bentuk kegiatan menyenangkan dengan menggunakan sistem among dan prinsip dasar metodik kepramukaan yang diesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat agar dapat membentuk sikap serta mempertinggi kepribaian.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam mengembangkan berbagai kegiatan kepramukan sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa
  • Menumbuhkembangkan apresiasi di kalangan mahasiswa yang kelak sangat diperlukan bila sudah mengemban tugas masyarakat terutama dalam menghadapi musibah-musibah alam.
  • Agar mahasiswa dapat memiliki rasa tanggung jawab patriotisme dan idealisme yang berdasarkan kesadaran sosial dan nasional.

Keanggotaan

Anggota UKM Pramuka adalah mahasiswa yang terdaftar aktif sebagai mahasiswa dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan, lulus seleksi sesuai dengan mekanisme yang telah di tetapkan UKM Pramuka.

4)    UKM Media Informasi Kampus (Medika)

UKM Medika adalah UKM yang menampung, menyalurkan dan memberikan pengalaman pendidikan Jurnalistik kepada Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar, UKM Medika menerbitkan berita dalam bentuk majalah dan website. Selain itu UKM Medika juga mengadakan pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswa STKIP PGRI Sumbar.

Tujuan

  • Sebagai sarana informasi pendidikan, pengetahuan dan hiburan.
  • Sarana untuk mengaktualisasikan diri dalam mengasah kreativitas dalam bidang jurnalistik.

Keanggotaan

Seluruh mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat berhak menjadi anggota dan mengikuti kegiatan UKM Medika dapat mendaftarkan diri setiap saat sebagai anggota. Disamping itu, diselenggarakan kegiatan pendidikan tertentu yang dibuka untuk umum , bukan untuk anggota saja.

5)    UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) 

UKM Menwa adalah suatu unik kegiatan dalam upaya mempersiapkan mahasiswa menjadi kekuatan rakyat yang terlatih dan terhimpun dalam organisasi HANSIPWANKAMRA dan merupakan salah satu sumber cadangan TNI serta dapat membentuk sikap dan tigkah laku yang sopan dan dapat menjadi panutan bagi mahasiswa lain dalam lingkungan STKIP PGRI Sumbar.

Tujuan

  • Membantu pengembagan kemahasiswaan dan tugas nasional sebagai sumber daya manusia yang merupakan potensi vital dan strategis dengan ciri-ciri tersendiri.
  • Menumbuhkembangkan generasi muda Indonesia yang terlatih menuju masa depan bangsa dan negara, terutama dalam pembentikan manusia pancasila, yaitu warga negara yang lebih bertanggung jawab dan mampu mengisi serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  • Membantu memantapkan fungsi STKIP PGRI terutama dalam menciptakan kader dibidang ketahanan nasional yang sekaligus juga merupakan kader dibidang pertahanan keamanan nasional.

Keanggotaan

Peneriman Anggota baru dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu pada akhir semester ganjil. Bagi mahasiswa yang berminat dapat menghubungi Sekretariat UKM Resimen Mahasiswa. Persyaratan Anggota adalah mahasiswa STKIP PGRI yang terdaftar pada semester yang sedang berjalan  dan telah lulus seleksi.

6)    UKM Seni

UKM Seni adalah Unit Kegiatan yang menampung dan menyalurkan pengembangan minat dan kegemaran mahasiswa dalam berkreasi, berekspresi dan berprestasi dalam bidang seni untuk pembentukan sikap serta mempertinggi kepribadian.

Tujuan

  • Memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam mengembangkan berbagai bentuk seni sesuai dengan minat dan kegemaran mahasiswa.
  • Menumbuhkembangkan apresiasi di kalangan mahasiswa yang kelak sangat diperlukan bila sudah mengemban tugas di masyarakat.

Keanggotaan

Seluruh mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat berhak menjadi anggota dan mengikuti kegiatan UKM Seni Mahasiswa dapat mendaftarkan diri setiap saat sebagai anggota. Disamping itu, diselenggarakan kegiatan pendidikan tertentu yang dibuka untuk umum , bukan untuk anggota saja

 





Download Surat BAAK
Download
Blueprint Pengembangan ICT

>> Download
Buku Panduan Kemahasiswaan

>> Download
Buku Pedoman Akademik 2015\2016

>> Download
Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru 2016/2017

>> Download
Berita Kemahasiswaan

STKIP PGRI SUMBAR KAMPANYE ?DISKUSI MUSIKAL STOP KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN?

2014-11-07 - 04:21:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh Pepe

Humas STKIP PGRI Sumbar; Aksi kekerasan seksual pada anak dan remaja yang marak akhir-akhi.....Baca Selanjutnya

Berita Kegiatan

Pengumuman Pemuncak Akademik Prodi STKIP PGRI Sumbar Semester Genap 2013/2014

2014-11-24 - 05:11:pm | Kategori Kegiatan | oleh Pepe

SURAT KEPUTUSAN
KETUA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PGRI SUMATERA BARAT

<.....Baca Selanjutnya

Kuliah Umum Public Speaking for EFL Students

2014-11-15 - 11:17:am | Kategori Kegiatan | oleh Pepe

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat, Sabtu, 1 November 2014 yang lalu telah me.....Baca Selanjutnya

Berita Akademik

PENERIMAAN DOSEN DAN PEGAWAI TETAP YAYASAN STKIP PGRI SUMATERA BARAT TAHUN 2014

2014-12-06 - 08:48:am | Kategori Akademik | oleh Pepe

 

 

 

Baca Selanjutnya

Sarana Penunjang STKIP PGRI Sumbar

2014-11-07 - 11:38:am | Kategori Akademik | oleh Pepe

 

SARANA PENUNJANG

  1. A.    PerpustakaanBaca Selanjutnya
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat
Jl. Gunung Pangilun - Padang, Sumbar
Telp: (0751) 7053731 -Fax (0751) 7053826
TIM ICT 2015